Beranda > Artikel, blogger, CD Interaktif, journal, Multimedia > Membuat Screen Tone untuk Background Komik

Membuat Screen Tone untuk Background Komik

Di kompi masih ada gambar komik siswaku yang kemarin buat extra muse. Iseng-iseng pingin lagi mengedit gambar itu. Neh langsung saja caranya, untuk screen tone saya buat menggunakan coreldraw. Buka corel nya (saya menggunakan coreldraw 11), biasanya letter size dan metric dalam inchi, sekarang ubahlah ke ukuran A5 dan metricnya ke centimeter. Setelah itu buat rectangle di tengah stage atau double klik rectangle tool.

Dalam posisi rectangel masih terpilih, klik ikon fill tool dan pilih post script fill dialog. Di jendela post script texture ini klik preview fill radio button untuk melihat hasil setting sementara. Di sebelah kiri terdapat banyak pilihan, disini saya memilih yang craters, dan di bawah terdapat parameter untu mengatur sesuai dengan keinginan kita. Kalau sudah klik OK untuk menerapkan texture tersebut ke rectangle tadi. OK sekarang tinggal di export saja, tekan ctrl + e atau file – export. Disini saya merubahnya menjadi format TIFF agar gambarnya tetap solid dan tidak pecah tetapi silhakan kalau ingin memakai format yang lainya bmp, tga, eps, jpg dll sesuai kebutuhan. Pada jendela convert to bitmap width dan height dan metric di samakan seperti settingan semula. Resolusi pilih minimal 200, tapi saya memakai 300 dpi dan color model grayscale, pilih juga anti aliasing yang berguna agar gambar tetap solid, namun gambar akan pecah juga bila pilihan gambarnya beresolusi rendah. Klik OK deh.

jendela post script texture

Sekarang buka photoshopnya. Buka gambar manga dan screen tone nya. Seleksi area yang ingin diberi screen tone pada gambar manga tadi dengan menggunakan magic wand tool, tapi terantung juga gambarnya, bisa menggunakan polygon lasso atau yang lainnya. Beralih ke screen tone, seleksi dengan menggunanakan marquee tool atau bisa juga semua area dengan ctrl + a. Kemudian tekan ctrl + c untuk mengcopy seleksi tadi, beralih ke gambar manga tadi kemudian tekan ctrl + shift + v untuk melakukan paste into (menempelkan ke dalam seleksi tadi). Perhalus sisi pertemuan dengan menggunakan brush tool.

seleksi pada area yang ingin diberi screen tone

dengan menekan ctrl+shift+v untuk menerapkan (paste into) seleksi di screen tone yang sudah diseleksi tadi

About these ads
  1. Januari 29, 2010 pukul 11:16 am

    nanti baca lagi, keknya bagus tu, jumatan dulu ya

  2. Januari 30, 2010 pukul 4:12 pm

    wah kereeeen…

  3. Januari 30, 2010 pukul 5:54 pm

    Bagus, bagus. Info bermanfaat, bro. Salam

  4. November 26, 2012 pukul 1:35 pm

    aduuuh..mkasih bgt..aku suka bikin komik dari SD dan sbnernya gambarku lumayan oke..pengn bikin komik tp screentonenya g ada yg jual dsini..klo blh tau, brrti pake 2 aplikasi ya? screentone d coreldraw trus komik yg akan ditempelin screentone d potoshop???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 434 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: