Beranda > Animasi, Artikel, blogger, CD Interaktif, journal, Multimedia, sekedar menulis, tutorial > Fungsi Marker di Macromedia Director

Fungsi Marker di Macromedia Director

Kemarin ada teman yang tanya apa sih sebenarnya marker dan apa fungsinya. Semoga potingan ini bisa menjawab da berguna bagi anda yang baru saja belajar ataupun mengenal macromedia director. Menurut saya marker adalah pengganti nama frame dan Marker di dalam director sendiri berfungsi sebagai identifikasi (letanya di awal halaman baru) suatu halaman tertentu yang nanti akan digunakan pada saaat memberikan script lingo sebagai suatu alamat tujuan. Misalnya pada saat kita akan memberikan action scritp terhadap tombol, dan ketika tombol itu diklik akan menuju ke halaman menu utama (di halaman menu utama ini sudah diberi marker dengan nama “menu”) maka scritpnya akan seperti ini :

on mouseUp me
Go to “menu”
End

Atau bisa ditambahi menjadi :

on mouseUp me
go to frame “menu”
End

(nah “menu disini adalah marker yang diberikan tadi”). Sebenarnya marker sendiri adalah sebagai pengganti nomor frame, misalkan marker “menu” tadi berada di frame 45, pada action script nya bisa juga kita tuliskan “go frame 45”, nanti hasilnya juga sama ketika tombol diklik akan menuju halaman menu. Pemberian nama marker ini sangat membantu kita apalagi kalau kita membuat project sampai ratusan atau ribuan frame, dengan adanya marker ini akan mempermudah pekerjaan kita.

pemberian marker di scene

Jadi fungsi marker di director sangat berguna dan mempermudah pekerjaan kita. Maaf jika masih ada kesalahan (masih tahap belajar terus, kalau ada yang mau nambahi silahkan). Kalau ada yang punya versi terbaru dari director kasih linknya juga ga papa, sukur –sukur kalau berbaik hati malah dikirimi hahahaha. Karena yang saya gunakan ini versi nya sudah lama sekali, masih versi 10.

  1. Februari 23, 2010 pukul 9:13 am

    wahh bagus, thenks jadi tahu saya.. klo bisa posting tentang bikin game di director pake script lingo dong!

  1. Agustus 17, 2011 pukul 9:11 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: