Beranda > Animasi, Artikel, blogger, CD Interaktif > Membuat Animasi Guide Tweening

Membuat Animasi Guide Tweening

Ada bermacam tipe animasi di dalam flash, kali ini kita akan membuat sebuah animasi sederhana yaitu guide tweening. Guide Tweening adalah animasi gerak yang mengikuti suatu alur (jejak) tertentu yang kita buat. Jejak atau disebut path ini sebagai pemandu dari objek yang digerakkan sesuai dengan arahnya.

OK langsung saja prakteknya. Silahkan dibuka macromedia flashnya, buat dokumen baru, silahkan buat ukuran dan background terserah anda. Di layer 1 buat sebuah lingkaran, convert menjadi graphic, jangan lupa beri nama layar 1 menjadi “bola”. Klik bola yang sudah dibuat tadi kemudian dari tools tekan “snap to objects” pilihan ini harus diaktifkan agar bola tadi mengikuti jalur/path yang kita buat.

snap to objects

Kemudian klik kanan layer bola dan pilih add motion guide. Sekarang tampilan layer akan berubah seperti gambar di bawah ini, akan ada layer guide di atas layer bola tadi.

2 buah layer

Klik di frame 1 layer guide, buat garis melengkung dengan menggunakan line tool. Kalau sudah posisikan bola tadi di titik awal garis melengkung tadi. Pada layer guide klik di frame 30 dan tekan F5 (insert frame), kemudian beralih ke frame bola klik pada frame 30 juga lalu tekan F6 (insert keyframe). Selanjutnya klik kanan di antara frame 1 – 30 pada layer bola pilih create motion tween. Masih di layer bola, klik pada frame 30 (frame terakhir) lalu pindahan/geser posisi bola ke titik akhir garis melengkung tadi.

membuat garis melengkung dengan menggunakan line tool

created animation tween

geser bola ke titik akhir

Nah sudah jadi animasi guide tweening, tekan enter untuk melihat hasilnya. Bola akan bergerak dari arah kiri ke kanan mengikuti bentuk dari path/garis yang kita buat tadi. Biar garisnya tidak nampak pada layar guide klik hide layer.

  1. Februari 5, 2010 pukul 10:14 am

    hayah,… jek gung mudehenk kie,….

  2. Februari 5, 2010 pukul 10:27 am

    siaran wae mas karo karaokenan…mantab jaya🙂

  3. Joice
    Maret 4, 2010 pukul 8:05 am

    Thanks yah, aku dah lama gak pake motion guide, dah lupa caranya, eh kamu jadi mengingatkanku hehehe… thx more and more…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: