Beranda > Artikel, blogger, pajak, sekedar menulis > Sosialisasi Perpajakan di Kalangan Pelajar | SMAN 1 Magetan

Sosialisasi Perpajakan di Kalangan Pelajar | SMAN 1 Magetan

Tadi pagi bertempat di aula SMAN 1 Magetan kerjasama antara Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Magetan dengan SMAN 1 Magetan, mengadakan acara sosialisasi pajak kepada siswa-siswa kelas XII SMAN 1 Magetan.

Acara dimulai sekitar pukul 07.30. Road Show ini dalam rangka pengenalan pajak kepada para pelajar khususnya di Magetan.

Menurut definisinya yang saya kutip dari wiki, pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum. Menurut Prof. Dr. H. Rochmat Soemitro SH, pajak adalah iuran rakyat kepada Kas Negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra prestasi) yang langsung dapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum. Definisi tersebut kemudian dikoreksinya yang berbunyi sebagai berikut: Pajak adalah peralihan kekayaan dari pihak rakyat kepada Kas Negara untuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk public saving yang merupakan sumber utama untuk membiayai public investment.

Semoga dengan adanya sosialisasi ini para siswa mengerti dan tahu tentang dunia perpajakan.

  1. vivavinnavilla
    Juli 19, 2010 pukul 9:22 pm

    hihihi,, saya juga nulis ini di blog,🙂

  2. Juli 20, 2010 pukul 7:45 am

    sip…keep blogging🙂

  3. Juli 20, 2010 pukul 9:32 am

    tapi kadang rasanya berat hati juga ya bayar pajak.terutama itu pajak penghasilan.saat nganggur ajah gak dicarikan pekerjaan, tapi begitu udah dapet kerja dimintai pajak, eh, tiba tiba tdl naik, terus kena phk sama pemerintah gak dicariin pekerjaan lagi.
    capek deh………

  4. Juli 20, 2010 pukul 9:33 am

    pajak ya……, rasanya berat banget bayar pajak, terutama setelah tau pajak banyak diselewengkan oleh oknum di sana, padahal sebelumnya udah ada etikat baik untuk membangun neger ini

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: