Beranda > Artikel > Pengantar Jaringan

Pengantar Jaringan

Apa itu Jaringan Komputer ?

JARINGAN KOMPUTER adalah Sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

  • Tujuan dibangunnya suatu Sistem Jaringan Komputer adalah untuk membawa data informasi dari pengirim menuju penerima secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui media transmisi atau media komunikasi tertentu.
  • Keuntungan adanya jaringan Komputer

    • Membagi sumber daya (hardware dan software) : contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
    • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
    • Akses informasi: contohnya web browsing

Klasifikasi

Area Jaringan Komputer
Jaringan komputer yang digunakan di kelompokkan berdasarkan jangkauan area jaringan dan luasan segmen jaringan dibangun.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer:

  • Local Area Network (LAN). Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
  • Metropolitan Area Network (MAN). Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.
  • Wide Area Network (WAN). Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.

Arsitektur Jaringan Komputer

Sistem operasi jaringan sangat menentukan bentuk arsitektur jaringan yang akan dibangun. Ada tiga macam arsitektur jaringan yaitu Peer to Peer, File Server dan Client Server. Masing2x arsitektur tersebut memiliki perbedaan bentuk hubungan antara server dengan terminalnya.

  • PEER TO PEER. setiap terminal memiliki peran dan derajat yang sama yaitu dapat bertindak sebagai workstation atau server. Biasanya digunakan untuk komputer2x personal dengan jumlah yang sedikit.
    • Keuntungannya adalah menghemat biaya untuk pembelian server dan dapat mengoptimalkan sumber daya seperti hard disk, printer, prosesor, dan memori dari masing2x komputer.
    • Adapun kelemahannya adalah pengelola jaringan atau pengakses mengalami kesulitan dalam melacak keberadaan data atau file yang akan dibutuhkan karena masing2x komputer dapat berfungsi sebagai server dan pengamanan data sulit dilakukan karena data tersebar di semua komputer.
  • FILE SERVER. Pada arsitektur ini terdapat terminal khusus yang disebut sebagai Server yang memiliki kapasitas harddisk yang sangat besar. Server bertindak sebagai tempat penyimpanan(file) bersama. Meskipun hanya terbatas pada layanan file semata namun memberikan keuntungan dalam perawatan file data dan aplikasi karna semua file tersimpan dalam satu tempat serta proses pelacakan data dan file aplikasi akan menjadi lebih cepat.
  • CLIENT SERVER. Arsitektur jaringan Client Server merupakan pengembangan dari arsitektur File Server. Pada Arsitektur ini model konektivitas pada jaringan mengenal adanya server dan client. Dimana masing2x memiliki fungsi yang berbeda satu sama lainnya. Server dapat mensharing data, aplikasi dan peralatan lainnya seperti printer, modem dan lain2x . prinsip kerjanya adalah server menunggu permintaan client, memproses dan memberikan hasilnya kepada client. Sedangkan client akan mengirimkan permintaan ke server kemudian menunggu proses dan menerima hasil.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  • Topologi BUS   Keuntungan
    • Hemat kabel
    • Layout kabel sederhana
    • Mudah dikembangkan

    Kerugian
    • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
    • Kepadatan lalu lintas
    • Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
    • Diperlukan repeater untuk jarak jauh

  • TokenRING   Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan

    Keuntungan
    • Hemat Kabel

    Kerugian
    • Peka kesalahan
    • Pengembangan jaringan lebih kaku

  • STAR

    Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

    Keuntungan
    • Paling fleksibel
    • Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
    • Kontrol terpusat
    • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
    • Kemudahaan pengelolaan jaringan

    Kerugian
    • Boros kabel
    • Perlu penanganan khusus
    • Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

Kategori:Artikel
  1. Februari 13, 2009 pukul 10:02 pm

    salam kenal sebelumnya.
    saya lucy, mahasiswi fakultas teknologi UAZ.

    oiya, tentang client dan server. aku boleh nanya ga??

    apa saja yang dilakukan oleh server pada aplikasi web/ internet untuk mengetahui tentang adanya request dari client, kemudian bagaimana dia memproseskannya.

    saya ditugaskan oleh dosen mata kuliah “distributed system”. saya masih bingung itu menggunakan konsep apa. dan boleh tau ga? aplikasi internet apa yang menerapkan arsitektur client-server?

    mohon bantuannya. email saya justlucy_ZC@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya..

  2. Februari 13, 2009 pukul 10:05 pm

    salam kenal sebelumnya.
    saya lucy, mahasiswi semester 4 fakultas teknologi Informasi UAZ.

    oiya, tentang client dan server. aku boleh nanya ga??

    apa saja yang dilakukan oleh server pada aplikasi web/ internet untuk mengetahui tentang adanya request dari client, kemudian bagaimana dia memproseskannya.

    saya ditugaskan oleh dosen mata kuliah “distributed system”. saya masih bingung itu menggunakan konsep apa. dan boleh tau ga? aplikasi internet apa lg yang menerapkan arsitektur client-server?

    mohon bantuannya. email saya justlucy_ZC@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar