Beranda > Artikel > A Short History of computer

A Short History of computer

Komputer Generasi Pertama : Tabung Hampa Udara

ENIAC  
Electronic Numerical Integrator and Komputer (ENIAC), yang dirancang dan dikembangkan dibawah pengawasan John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia.
Proyek ini adalah suatu tanggapan terhadap kebutuhan masa perang selama Perang Dunia II Amerika Serikat. Laboratorium Riset peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics research Laboratory / BRL), sebuah badan yang bertanggung jawab dalam penentuan tabel jarak dan lintassan peluru kendali untuk senjata baru, mendapat kesulitan dalam menyediakan tabel yang akurat dalam jangka waktu tertentu. Tanpa tabel ini tembakan senjata baru dan arteleri tersebut tidak ada gunanya bagi tentara. BRL memperkerjakan lebih dari 200 orang personil yang menggunakan kalkulator untuk memecahkan persamaan-persamaan matematik yang diperlukan peluru kendali. Persiapan table bagi sebuah senjata akan memerlukan waktu beberapa jam, bahkan beberapa hari.
Seorang professor teknik elektro di Universitas Pennsylvania bernama John Mauchly dan John Presper Eckert seorang mahasiswa pascasarjana mengusulkan untuk mengembangkan suatu komputer untuk keperluan umum dengan menggunakan tabung hampa udara untuk digunakan bagi aplikasi BRL yang dinamai dengan ENIAC.
Tahun 1943, Angkatan Darat menerima proposal ini dan pembuatan ENIAC pun dimulai. Mesin yang dihasilkan sangat besar, mempunyai berat 30 ton, bervolume 1500 kaki persegi dan berisi lebih dari 18.000 tabung hampa udara. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt. Eniac juga jauh lebih cepat dibanding dengan semua komputer mekanik lainnya, yaitu mampu untuk melakukan 5000 operasi penambahan per detik.
ENIAC lebih merupakan mesin desimal dibanding sebagai mesin biner. Kelemahan utama dari ENIAC adalah mesin ini harus diprogram secara manual dengan cara menyetel tombol-tombol dan memasang serta mencabut kabel.
ENIAC dapat diselesaikan tahun 1946 dan tugas pertamanya adalah membentuk sejumlah perhitungan rumit yang pernah digunakan untuk membantu menentukan kelayakan dari bom hydrogen. ENIAC tetap beroperasi dibawah manajemen BRL sampai tahun 1955, ketika ENIAC dibongkar.

Mesin Von Neuman
Pada tahun 1946 oleh seorang ahli matematika bernama John Von Neuman mempublikasikan komputer jenis baru bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Komputer). Von Neuman dan para rekan kerjanya mulai melakukan rancangan komputer program tersimpan yang baru dikenal sebagai komputer IAS di Institut Studi Lanjutan Princeton. Walaupun tidak berhasil diselesaikan sampat tahun 1952, komputer IAS menjadi prototype bagi semua komputer-komputer kebutuhan umum selanjutnya.
Komputer ini terdiri dari :
– Memori Utama, yang menyimpan baik data maupun instruksi-instruksi.
– Unit Aritmatika dan Logika (ALU) yang memiliki kemampuan mengoperasikan data    biner.
– Unit control, yang mengintepretasikan instruksi-instruksi di dalam memori dan    mengeksekusikan instruksi-instruksi itu.
– Peralatan Input dan Output (I/O) yang dioperasikan oleh unit control.

Komputer Komersial
Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan dua buah perusahaan, Sperry dan IBM, mendominasi pasar.
Pada tahun 1947, Eckert dan Mauchly membentuk korporasi komputer Eckert-Mauchly untuk membentuk komputer secara komersil. Mesin pertama mereka yang sukses adalah UNIVAC I (Universal Automatic Komputer), yang dimandatkan oleh Biro Sensus untuk keperluan perhitungan sensus tahun 1950.
UNIVAC II mempunyai kepasitas memori yang lebih besar dan kinerja yang lebih tinggi dibanding UNIVAC I, dipasarkan pada tahun 1950-an dan menggambarkan beberapa trend karakteristik yang masih dipertahankan industri komputer. Yaitu :
1. Perkembangan teknologi memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk melanjutkan     pembuatan komputer komputer yang lebih besar dan lebih baik.
2. Setiap perusahaan ,mencoba untuk membuat mesin-mesin barunya yang kompatibel      dengan mesin lamanya.

Komputer Generasi Kedua : Transistor
Perubahan terbesar pertama dalam komputer elektronik datang sejak adanya penggantian tabung hampa udara dengan transistor. Transistor lebih kecil, lebih murah dan mengeluarkan sedikit panas dibandingkan dengan tabung hampa udara tetapi dapat digunakan dengan cara yang sama seperti halnya tabung hampa udara untuk membentuk komputer. Tidak seperti tabung hampa udara yang memerlukan kawat, plat logam, kapsul gelas dan ruang hampa udara. Transistor merupakan perangkat padat yang dibuat dari silicon.
Transistor ditemukan di laboratorium Bel tahun 1947 dan pada tahun 1950 telah meluncurkan revolusi elektronik. Namun tidak sampai pada akhir tahun 1950-an , komputer yang sepenuhnya dibuat dengan transistor diperoleh secara komersial.
Penggunaan transistor menunjukkan komputer generasi kedua. Setiap generasi baru ditandai oleh kinerja pengolahan lebih besar, kapasitas memori lebih besar dan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. Generasi kedua menunjukkan dipakainya unit aritmatik dan logika yang lebih rumit serta unit control, penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi, dan tersedianya perangkat lunak sistem dengan komputer.

Komputer Generasi Ketiga : Rangkaian terpadu

Sebuah transistor tunggal disebut komponen diskrit. Selama tahun 1950-an dan awal 1960-an, peralatan elektronik sebagaian besar terdiri dari komponen-komponen diskrit yaitu terdiri dari transistor, resistor, kapasitor dan lain sebagainya. Komponen diskrit yang dihasilkan secara terpisah dikemas dalam kemasan tersendiri dan direkatkan atau dihubungkan bersama-sama ke papan rangkaian yang disebut PCB. Kenyataan ini menimbulkan masalah dalam industri komputer. Komputer generasi kedua yang awalnya berisi sekitar 10.000 transistor membuat perkembangan pembuatan mesin-mesin baru yang lebih baik menjadi sangat sulit.
Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika dan dimulainya jaman mikroelektronika yaitu dengan penemuan dari rangkaian terpadu (Ingrated Circuit). Rangkaian terpadu inilah yang menentukan lahirnya generasi ketiga komputer.
Konsekuensi perkembangan komputer dengan ditemukan rangkaian terpadu :
1. Harga komputer logika dan rangkaian memori mengalami penurunan harga yang tajam     karena harga suatu keeping komponen IC tidak banyak berubah selama periode     perkembangan yang pesat dalam hal kerapatannya.
2. Meningkatnya kecepatan operasi karena elemen-elemen logika dan memori     ditempatkan berdekatan pada keeping yang dikemas secara rapat, maka panjang     lintasan elektrik menjadi lebih pendek.
3. Komputer menjadi lebih kecil yang membuatnya manjadi lebih mudah untuk     ditempatkan di berbagai lingkungan kerja.
4. Terdapat pengurangan daya dan pendinginan yang diperlukan.
5. Interkoneksi pada rangkaian terpadu jauh lebih mudah dapat dipercaya dibanding     koneksi patri. Dengan semakin banyak rangakian pada setiap keeping, terdapat lebih     sedikit koneksi antar keeping

Komputer generasi Terakhir
Pada komputer generasi terakhir banyak dipengaruhi oleh perkembangan rangkaian terpadu yaitu mulai dari LSI (Large Scale Integrated) sampai dengan VLSI (Very Large Scale Integrated).
Sebuah terobosan penting terjadi pada tahun 1971, ketika Intel berhasil mengembangkan teknologi rangakian terpadu yang dikenal dengan keping 4004. Keping 4004 merupakan keping pertama yang berisi semua komponen CPU pada sebuah keping tunggal yang kemudian dikenal dengan nama Mikroprosesor.
Pada tahun 1972 Intel memperkenalkan mikroprosesor terbaru yaitu Intel 8008. Prosesor ini merupakan mikroprosesor 8-bit pertama dan dua kali lebih rumit dibandingkan dengan 4004.
Pada tahun 1974, Intel meluncurkan seri terbaru dari keluarga Intel 8008 yaitu Intel 8080. Prosesor ini merupakan prosesor kebutuhan umum pertama sedangan pada seri 4004 dan 8008 dirancang untuk aplikasi tertentu.. Intel 8080 mempunyai kecepatan lebih tinggi, mempunyai instruksi lebih kaya dan kemampuan pengalamatan yang lebih besar.

Kategori:Artikel Tag:
  1. Agustus 28, 2008 pukul 7:52 pm

    LUMAYAN BWAT NGERJAIN KLIPIN DI SEKOLAH

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: